Lebih dari sekedar “keong racun”

Beberapa waktu yang lalu begitu hebohnya istilah “keong racun” gara-gara ada dua cewek yang iseng upload video amatir di youtube. Dan bukan bermaksud latah, postingan kali ini mengetengahkan (hehe kayak film aja) suatu jenis keong (moluska) yang lebih dari sekedar beracun tapi juga mematikan. Conus namanya.

Conus merupakan salah satu moluska laut yang secara ilmiah tergolong dalam kelas Gastropoda. Moluska ini ditemukan hampir di seluruh perairan laut tropis dan ada pula di perairan sub tropis. Spesies Conus ini sangat melimpah, lebih dari 100 jenis.  Umumnya Conus memiliki racun yang disebut conotoxin, racun yang sangat berbahaya yang dikeuarkan melalui proboscisnya. Jadi ati-ati saja bila berenang di laut dan bertemu dengan moluska jenis ini. Contoh di atas adalah jenis Conus geographus.

Sebenarnya moluska beracun bukan hanya Conus, masih banyak yang lain. Tapi mungkin lain waktu saja. Cerita tentang Conus juga rasanya perlu dilengkapi lagi. Ini hanya sebagai gambaran awal saja. Jadi sabar ya kawan… ;-)

2 responses to “Lebih dari sekedar “keong racun”

  1. Serem. Pas kita snorkelling, ngelihat kerang, tangan menjulur mau ngambil, taunya langsung ditusuk ama racun. :(

Leave a comment